PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN DASAR PENGGUNAAN ALAT PERBENGKELAN MATERI PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 2 DEPOK YOGYAKARTA

Danang, Tri Atmaja (2015) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN DASAR PENGGUNAAN ALAT PERBENGKELAN MATERI PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
danang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Tes Keterampilan Penggunaan Alat Perbengkelan (Multimeter) materi pelajaran teknik elektronika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) cara membuat perangkat tes keterampilan yang memenuhi validitas dan reliabilitas (2) validitas dan reliabiltas perangkat tes keterampilan yang dikembangkan dalam menggunakan alat perbengkelan (3) ketercapaian siswa khususnya keterampilan dalam menggunakan alat perbengkelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat tes dikembangkan berdasarkan silabus SMK N 2 Depok dan disempurnakan berdasarkan masukan dari validator dan hasil uji empiris sebanyak dua kali. Validator dalam penelitian ini adalah dosen ahli dan guru mata pelajaran terkait. Hasil penelitian yang diperoleh yakni: (1) perangkat tes keterampilan siswa SMK jurusan Audio-Video dalam menggunakan alat perbengkelan (multimeter untuk mengukur komponen elektronika), yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas Jobsheet Lembar Latihan, Kisi-Kisi Penskoran, Pedoman Penskoran, Lembar Penskoran Tes, dan Lembar Panduan Penyelenggaraan Tes (2) Pengujian tes keterampilan secara empiris tahap pertama dan kedua dengan analisis validasi butir tes dengan uji korelasi Pearson Product Moment dan dengan formula alpha (α) menunjukkan bahwa koefisien Cronbach's Alpha sebesar 0.91 pada tahap pertama dan 0.79 pada tahap kedua diperoleh semua butir soal valid. Tingkat kesukaran butir soal pada tahap pertama yaitu berkisar antara 0.65-0.73, sedangkan tahap kedua berkisar antara 0,71-0,78. (3) Perhitungan ketercapaian keterampilan siswa uji coba empiris tahap pertama dan kedua penggunaan alat perbengkelan diperoleh hasil pada kategori baik dengan frekuensi berturut-turut yaitu 62,50% dan 71,87%. Kata Kunci: pengembangan tes, keterampilan siswa, alat perbengkelan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:09
Last Modified: 29 Jan 2019 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21221

Actions (login required)

View Item View Item