Taufiq, Fada Ardena (2015) HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TONTI DENGAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
TAUFIQ FADA ARDENA.pdf Download (773kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya hubungan keaktifan siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tonti dengan disiplin di SMK Negeri 3 Yogyakarta, 2) adanya hubungan keaktifan siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tonti dengan prestasi belajar di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini sekaligus sebagai sampel, yaitu seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tonti sebanyak 64 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tonti sebagai variabel bebas (X), disiplin sebagai variable terikat (Y1), dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y2). Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan komputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tonti dengan disiplin siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Ditunjukkan dengan koefisien determasi sebesar 0,482 yang menunjukkan presentase 48,2%, 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa kelas X yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tonti dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Ditunjukkan dengan koefisien determasi yang hanya sebesar 0,010 yang menunjukkan presentase 1%. Kata kunci: disiplin, hubungan, keaktifan, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Admin Prodi Teknik Mekatronika FT |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 03:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21217 |
Actions (login required)
View Item |