EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMK NEGERI 1 BLORA

Susanto, Fibriantoro (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER KELAS XI SMK NEGERI 1 BLORA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
susanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar Efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Teacher Centered pada hasil belajar ranah kognitif, (2) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognigtif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TAV SMK N 1 Blora sebanyak 70 siswa. Siswa dibagi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) efektivitas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada ranah kognitif mempunyai rerata skor gain sebesar 0,71 termasuk dalam katagori tinggi, sedangkan efektivitas menggunakan model pembelajaran Teacher Centered pada ranah kognitif mempunyai rerata skor gain sebesar 0,48 termasuk dalam katagori sedang, (2) penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Teacher Centered. Hal ini dilihat dari perbandingan rerata dan uji t nilai hasil belajar pada 3 ranah. Ditinjau dari rerata, diperoleh ranah kognitif 86,77 berbanding 79,81, ranah afektif 82,55 berbanding 74,86, dan ranah psikomotor 80 berbanding 73,19. Ditinjau dari uji t, diperoleh ranah kognitif thitung dengan ttabel sebesar 3,961>2,00, ranah afektif thitung dengan ttabel sebesar 4,234>2,00, dan ranah psikomotorik thitung dengan ttabel sebesar 3,804>2,00. Kata kunci: afektif, kognitif, hasil belajar, problem based learning, psikomotor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 23 Jun 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item View Item