PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA MEMPEROLEH SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II OTOMOTIF PADA MATA DIKLAT MOTOR/ENGINE DI SMKN 2 PENGASIH Oleh: SAIFUL KURNIA ADHY SETIAWAN NIM. 07504244030 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas pemanfaatan internet siswa kelas II otomotif di SMK N 2 Pengasih dalam memperoleh sumber belajar alternatif mata diklat engine, serta mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai media memperoleh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II otomotif pada mata diklat engine/motor di SMK N 2 pengasih. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, menggunakan teknik perbandingan (komparatif). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih dengan jumlah 99 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Sampling Purposive diperoleh 78 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen dengan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif komparatif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat perbedaan prestasi belajar antara efektifitas siswa pemanfaatan internet tinggi dengan efektifitas pemanfaatan internet rendah. Diperoleh hasil thitung pemanfaaran internet lebih besar daripada ttabel yaitu 7,076 > 2,024. Sedangkan perolehan nilai thitung prestasi belajar siswa dibandingkan ttabel yaitu 18,333> 2,024. Dengan demikian efektifitas pemanfaatan internet yang tinggi berbeda signifikan dengan efektifitas pemanfaatan internet yang rendah sebagai media sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata diklat engine/motor.

SAIFUL KURNIA, ADHY SETIAWAN (2015) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA MEMPEROLEH SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II OTOMOTIF PADA MATA DIKLAT MOTOR/ENGINE DI SMKN 2 PENGASIH Oleh: SAIFUL KURNIA ADHY SETIAWAN NIM. 07504244030 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas pemanfaatan internet siswa kelas II otomotif di SMK N 2 Pengasih dalam memperoleh sumber belajar alternatif mata diklat engine, serta mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai media memperoleh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II otomotif pada mata diklat engine/motor di SMK N 2 pengasih. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, menggunakan teknik perbandingan (komparatif). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih dengan jumlah 99 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Sampling Purposive diperoleh 78 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen dengan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif komparatif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat perbedaan prestasi belajar antara efektifitas siswa pemanfaatan internet tinggi dengan efektifitas pemanfaatan internet rendah. Diperoleh hasil thitung pemanfaaran internet lebih besar daripada ttabel yaitu 7,076 > 2,024. Sedangkan perolehan nilai thitung prestasi belajar siswa dibandingkan ttabel yaitu 18,333> 2,024. Dengan demikian efektifitas pemanfaatan internet yang tinggi berbeda signifikan dengan efektifitas pemanfaatan internet yang rendah sebagai media sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata diklat engine/motor. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Saiful Kurnia Adhy Setiawan 07504244030.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA MEMPEROLEH SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II OTOMOTIF PADA MATA DIKLAT MOTOR/ENGINE DI SMKN 2 PENGASIH Oleh: SAIFUL KURNIA ADHY SETIAWAN NIM. 07504244030 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas pemanfaatan internet siswa kelas II otomotif di SMK N 2 Pengasih dalam memperoleh sumber belajar alternatif mata diklat engine, serta mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai media memperoleh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas II otomotif pada mata diklat engine/motor di SMK N 2 pengasih. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, menggunakan teknik perbandingan (komparatif). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih dengan jumlah 99 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Sampling Purposive diperoleh 78 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen dengan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif komparatif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat perbedaan prestasi belajar antara efektifitas siswa pemanfaatan internet tinggi dengan efektifitas pemanfaatan internet rendah. Diperoleh hasil thitung pemanfaaran internet lebih besar daripada ttabel yaitu 7,076 > 2,024. Sedangkan perolehan nilai thitung prestasi belajar siswa dibandingkan ttabel yaitu 18,333> 2,024. Dengan demikian efektifitas pemanfaatan internet yang tinggi berbeda signifikan dengan efektifitas pemanfaatan internet yang rendah sebagai media sumber belajar terhadap prestasi belajar pada mata diklat engine/motor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21202

Actions (login required)

View Item View Item