Suryanti (2013) IMPLEMENTASI METODE PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X-5 DI SMA N 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
2.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
3.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
4.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
5.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
6.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
7.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
8.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di sekolah-sekolah umumnya masih dominan menggunakan metode ceramah sebagai pengantar materi pelajaran di kelas. Proses pembelajaran terkesan lebih terpusat kepada guru, suasana belajar dikelas menjadi monoton, siswa tidak bisa mengembangkan kreativitasnya sehingga prestasi belajar menjadi tidak optimal. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah (1) mengetahui realita pembelajaran sejarah di SMA N 2 Banguntapan, (2) mengetahui bagaimana implementasi metode permainan Bingo untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X-5 di SMA N 2 Banguntapan, (3) kendala, serta (4) kelebihan dalam implementasi metode permainan Bingo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terjadi dalam dua siklus. Pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan tes prestasi belajar. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realita pembelajaran yang berlangsung di SMA N 2 Banguntapan masih dominan menggunakan ceramah, membuat siswa merasa bosan, pembelajaran terkesan monoton, siswa kurang serius mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan prestasi belajarnya kurang optimal. Implementasi metode permainan Bingo dibantu penjelasan materi oleh guru dilanjutkan dengan tanya jawab yang kemudian dikolaborasikan dengan penggunaan power point, kartu Bingo yang berwarna, dan pemberian hadiah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 46,77 menjadi 75,66 mengalami peningkatan sebesar 28,89. Prestasi belajar siswa pada siklus II yaitu 56,45 menjadi 80, 62 mengalami peningkatan sebesar 24,17. Kendala yang dihadapi saat pelaksanaan metode Permainan Bingo yaitu kondisi kelas yang ramai dan kurang kondusif sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Adapun kelebihan dari pelaksanaan metode Permainan Bingo yaitu meningkatkan daya ingat siswa tentang materi yang telah diajarkan, siswa menjadi lebih antusias dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Kata Kunci: Metode Permainan Bingo, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 08:08 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21177 |
Actions (login required)
View Item |