UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRAKTEK INSTALASI LISTRIK INDUSTRI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH

Rizal, Achmadsyah (2015) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRAKTEK INSTALASI LISTRIK INDUSTRI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rizal Achmadsyah 09501244022.pdf

Download (89MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRAKTEK INSTALASI LISTRIK INDUSTRI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH Oleh: Rizal Achmadsyah 09501244022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan tingkat efektifitas media pembelajaran kubikel tagangan menengah berbasis Macromedia Flash yang telah dibuat untuk mendukung pembelajaran pada mata kuliah Praktik Instalasi Listrik Industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan melibatkan 66 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran kubikel tegangan menengah berbasis Macromedia Flash dilakukan dalam lima tahapan yaitu tahap investigasi, tahap desain, tahap realisasi, tahap uji coba, dan tahap desiminasi terbatas; (2) pengujian kelayakan dari ahli materi didapatkan nilai 85%, ahli media sebesar 87,5%, uji coba skala kecil didapatkan nilai 85,3% dan dari uji coba skala luas didapatkan nilai sebesar 86,7%. Berdasarkan dari penilaian tersebut secara keseluruhan didapatkan nilai persentase rata-rata sebesar 86% dengan kriteria “sangat baik” dan disimpulkan media pembelajaran kubikel tegangan menengah berbasis Macromedia Flash ini layak digunakan untuk proses pembelajaran; dan (3) pengujian keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol didapatkan hasil nilai t������ = 1,856, yang lebih besar dari t����� = 1,671, pada taraf signifikansi 0,05 (5%), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran pada mata kuliah Praktik Instalasi Listrik Industri. Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, Macromedia Flash, kubikel tegangan menengah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 23:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item