PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK DI SMK N I SEYEGAN

Riza, Rinjani (2015) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK DI SMK N I SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RIZA RINJANI 09503241016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK LAS BUSUR LISTRIK DI SMK N I SEYEGAN Oleh Riza Rinjani NIM. 09503241016 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran las busur listrik sebelum pemberian perlakuan, mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran las busur listrik setelah pemberian perlakuan, mengetahui ada tidaknya pengaruh metode inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran las busur listrik dan mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar setelah perlakuan pada penggunaan metode inquiry dan metode demonstrasi. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TFL (Teknik Fabrikasi Logam) di SMK N 1 Seyegan tahun pelajaran 2012/2013. Dimana jumlah siswa kelas XI TFL 1 sebanyak 34 orang dan kelas XI TFL 2 sebanyak 33 orang. Dalam penelitian ini kelas XI TFL 1 sebagai kelompok kontrol sedangkan kelas XI TFL 2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif, observasi terhadap proses pengelasan dan penilaian hasil las dengan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran las busur listrik sebelum diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen memiliki kemampuan awal yang setara dan hasil data menunjukkan masih banyak siswa yang belum tuntas. Prestasi belajar setelah diberikan perlakuan mengalami kenaikan baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen. Setelah pembelajaran dengan metode inquiry terdapat pengaruh pada prestasi belajar yaitu untuk hasil tes sebesar 13,97%, hasil observasi sebesar 10,28%, dan hasil unjuk kerja sebesar 10,6%. Selain pengaruh terdapat juga perbedaan prestasi belajar setelah diberikan perlakuan yaitu dengan membandingkan hasil pretest dan post-test, setelah penerapan metode demonstrasi hasil tes memiliki persentase perbedaan sebesar 14,26%, pada hasil observasi memiliki persentase perbedaan sebesar 15,2% dan pada hasil unjuk kerja memiliki persentase 11,96%. Sedangkan setelah penerapan metode inquiry, untuk hasil tes memiliki perbedaan persentase sebesar 29,9%, pada hasil observasi memiliki persentase perbedaan sebesar 25,6%, dan pada hasil unjuk kerja memiliki persentase perbedaan sebesar 24,7%. Kata kunci: Metode Inquiry, Prestasi Belajar, Las Busur Listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 23 Jun 2015 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item