KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

M. Oktaviandi, Prima S (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
m oktaviandi prima s.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar Sistem Komputer di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Yang terdiri dari 2 kelas, kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen menggunakan perlakuan model Guided Inquiry dengan jumlah 33 siswa dan X TKJ B sebagai kelas kontrol menggunkan perlakuan metode konvensional dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan WinBreadBoard pada aspek kognitif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata gain 0,74 berbanding 0,52 ; (2) model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan WinBreadBoard pada aspek afektif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 60,00 berbanding 55,39; (3) model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan WinBreadBoard pada aspek psikomotorik memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 80,11 berbanding 69,77. Kata kunci : Guided Inquiry, Metode Konvensional, WinBreadBoard

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 22 Jun 2015 07:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item