Sony Hari, Wibowo (2013) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN MATERI DAN METODE PENGAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan Guru Sejarah di SMA N 2 Wonosari mengembangkan materi pengajaran sejarah; (2) Mengetahui kemampuan Guru Sejarah di SMA N 2 Wonosari mengembangkan metode pengajaran sejarah; (3) Mengetahui kemampuan Guru Sejarah di SMA N 2 Wonosari dalam mengimplementasikan materi dan metode pengajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan pegawai perpustakaan yang ada di SMA N 2 Wonosari. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang pengembangan materi dan metode pembelajaran sejarah yang dilakukan guru sejarah, sedangkan dokumentasi berupa RPP, modul dan silabus. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru sejarah SMA N 2 Wonosari dalam mengembangan materi dan metode sudah sesuai dengan standar kompetensi, sudah membedakan kemampuan individu peserta didik dan sudah membuat materi menjadi menarik untuk dipelajari. Akan tetapi nilai kepuasan belum terpenuhi karena tujuan pembelajaran belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Di dalam pengembangan metode guru telah mempertimbangkan sifat bahan ajar, situasi kelas, serta kelemahan dan kelebihan metode yang akan di terapkan. Kata kunci : Guru sejarah, materi, metode, pengajaran sejarah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 06:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21107 |
Actions (login required)
View Item |