PENINGKATAN KOMPETENSI PRINSIP DASAR KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMKN 2 WONOSARI

Pratama, Aji Susilo (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PRINSIP DASAR KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Pratama Aji S 09518244041.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI PRINSIP DASAR KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMKN 2 WONOSARI Oleh : Pratama Aji Susilo NIM.09518244041 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia Prezi dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMKN 2 Wonosari pada standar kompetensi menjelaskan prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa serta lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator afektif adalah 75%, sedangkan kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk hasil belajar dan nilai psikomotor siswa adalah 75,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia Prezi, kompetensi siswa pada standar kompetensi menjelaskan prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif adalah sebesar 86,10%, prosentase afektif siswa yang semula hanya mencapai 43,85% pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 81,61% pada pertemuan ke enam. Peningkatan yang terjadi pada aspek psikomotorik adalah sebesar 31,92%, nilai psikomotorik siswa yang semula hanya mencapai 61,88 pada tugas kelompok pertama, meningkat menjadi 81,63 pada tugas kelompok ke empat. Peningkatan yang terjadi pada aspek kognitif adalah sebesar 69,78%, rata-rata nilai pretest yang semula hanya 52,13 pada siklus pertama, meningkat menjadi 88,50 pada posttest siklus kedua. Kata kunci : kompetensi, mind mapping, multimedia, prezi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21016

Actions (login required)

View Item View Item