EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA

Nugrah, Aji Sasongko (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nugrah Aji Sasongko - 10518244003.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK COKROAMINOTO 2 BANJARNEGARA Oleh: Nugrah Aji Sasongko NIM : 10518244003 ABSTRAK Penelitian memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari aspek kognitif, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari aspek afektif, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari aspek psikomotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara sebanyak 80 siswa. Subyek penelitian terbagi menjadi 2 kelas yaitu XII TITL 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 41 dan XII TITL 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 39. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi, uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan : (1) metode pendekatan Problem Posing lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau pada aspek kognitif. Ini dibuktikan dengan pengujian gain score pada metode pendekatan Problem Posing terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar dengan gain score pada metode konvensional. Rerata gain score dengan pembelajaran Problem Posing adalah 0,73 dan rerata gain score dengan pembelajaran konvensional adalah 0,53, (2) metode pendekatan Problem Posing lebih efektif karena memiliki rerata yang lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional ditinjau dari aspek afektif. Kelas eksperimen memiliki rerata sebesar 71,09 dan kelas kontrol memiliki rerata sebesar 64,65, (3) metode pendekatan Problem Posing lebih efektif karena memiliki rerata yang lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional ditinjau dari aspek psikomotor. Kelas eksperimen memiliki rerata sebesar 76,65 dan kelas kontrol memiliki rerata sebesar 72,53. Kata kunci: afektif, kognitif, psikomotor, Problem Posing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20861

Actions (login required)

View Item View Item