PENGEMBANGAN MODEL – MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Yoyon, Suryono and Suparno, Suparno and Rita, Eka Izzaty (2014) PENGEMBANGAN MODEL – MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. PENGEMBANGAN MODEL – MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

[img]
Preview
Text
Jurnal Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mencapai taraf pengembangan diri yang lebih baik. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan, baik formal, non formal, maupun informal. Salah satu bidang kajian dalam pendidikan nonformal informal adalah pendidikan anak usia dini. Paud sedang menjadi fokus perhatian pemerintah mengingat strategisnya peran dan fungsi PAUD dalam rentang kehidupan manusia sehingga disebuat sebagai masa keemasan (golden age) . Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini adalah melalui pengembangan alternatif model pembelajaran. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka penelitian tahun kedua ini fokus pada implementasi model pembelajaran yang menggunakan metode yang beragam dalam pembelajaran. Harapannya, dengan menggunakan berbagai metode tersebut dalam proses pembelajaran anak usia dini dapat membuat anak lebih menikmati proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna (joyfull learning) dan menyenangkan anak (fun learning). Pada akhirnya lembaga PAUD tersebut dapat menjadi lembaga yang berkualitas baik yang membantu dan mengembangkan potensi anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk mengimplementasikan berbagai metode yang merujuk pada model pembelajaran, maka penelitian ini fokus pada implementasi berbagai metode yang merujuk pada konsep teoretik dari model pembelajaran yang telah ada. Ketiga studi yang dilakukan terkait penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Studi pertama menerapkan model atraktif dari Pestalozzi dengan model beyond center and circle time dengan metode yang digunakan adalah permainan sandiwara, sementara studi kedua menggunakan metode dengan metode pembelajaran yang berbasis sains yang juga merujuk pada model atraktif, dan studi ketiga menggunakan metode bermain peran yang merujuk pada model pembelajaran Froebel.

Item Type: Article
Additional Information: FIP UNY
Uncontrolled Keywords: percobaan sederhana, bermain peran, Permainan sandiwara boneka, model pestalozzi, model highscope
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:34
Last Modified: 26 Oct 2015 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item