PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Insih, Wilujeng and Muhsinatun, Siasah Masruri and Muhammad, Nur Wangid (2014) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY TEMATIK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TAHUN 2 2014 (INSIH WILUJENG).pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan subject specific pedagogy (SSP)tematik untuk mengembangkan karakter tanggung jawab, kepedulian, kedisiplinan, dan jujur siswa sekolah dasar kelas I, II, dan II. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian ini meliputi tahap penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan dan perancangan, penyusunan draf SSP, dan pengembangan produk SSP yang terdiri dari penilaian kelayakan draf SSP, dan, revisi dan uji coba lapangan. Hasil penelitian bahwa SSP yang dikembangkan layak berdasarkan penilaian oleh validator dan terbukti efektif meningkatkan karakter kejujuran, disiplin, peduli, dan tanggung jawab siswa kelas I, II, dan III SD yang ditunjukkan dari hasil observasi pada saat pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: Pendidikan Sains Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: SSP, Tematik, Karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:26
Last Modified: 26 Oct 2015 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20749

Actions (login required)

View Item View Item