MODEL ASSESSMENT TERSTANDAR BERBASIS COMPUTER MANAGEMENT INSTRUCTIONAL UNTUK MENJAMIN KESETARAAN KUALITAS PENILAIAN SEBAGAI BASIS DATA PENENTUAN KELULUSAN DALAM SISTEM UJIAN AKHIR NASIONAL DAN SNMPTN JALUR UNDANGAN YANG BERKEADILAN

dadan, rosana and Sukardiyono, Sukardiyono (2014) MODEL ASSESSMENT TERSTANDAR BERBASIS COMPUTER MANAGEMENT INSTRUCTIONAL UNTUK MENJAMIN KESETARAAN KUALITAS PENILAIAN SEBAGAI BASIS DATA PENENTUAN KELULUSAN DALAM SISTEM UJIAN AKHIR NASIONAL DAN SNMPTN JALUR UNDANGAN YANG BERKEADILAN. MODEL ASSESSMENT TERSTANDAR BERBASIS COMPUTER MANAGEMENT INSTRUCTIONAL UNTUK MENJAMIN KESETARAAN KUALITAS PENILAIAN SEBAGAI BASIS DATA PENENTUAN KELULUSAN DALAM SISTEM UJIAN AKHIR NASIONAL DAN SNMPTN JALUR UNDANGAN YANG BERKEADILAN.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sekitar ujian akhir nasional (UAN/UN) sampai saat ini masih menjadi permasalahan utama dalam bidang pendidikan yang melahirkan banyak kontroversi, salah satunya adalah tentang cara penentuan kelulusan. Permasalahan yang kemudian muncul berkaitan dengan hal ini adalah belum adanya kesetaraan kualitas assessment yang digunakan untuk penilaian di sekolah, sehingga belum dapat menjamin rasa keadilan karena perbedaan kualitas tes yang diberikan. Hal ini sangat mendesak untuk dicarikan solusinya, karena nilai sekolah digunakan juga dalam sistem penerimaan mahasiswa baru (SNMPTN) jalur undangan. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengembangkan tes terstandar sesuai dengan kompetensi inti dari kurikulum 2013 yang dapat digunakan sebagai perangkat equiting (penyetaraan) dalam penyusunan tes di seluruh sekolah sehingga dapat digunakan sebagai penentu kelulusan dalam sistem ujian akhir nasional yang berkeadilan, (2) mengembangkan model assessment terstandar berbasis CMI (Computer Management Instructional) untuk menjamin kesetaraan kualitas penilaian di seluruh sekolah sebagai basis data penentuan kelulusan dalam sistem ujian akhir nasional dan SNMPTN jalur undangan, (3) menemukan ukuran sampel minimum, pengaruh panjang tes, panjang tes anchor minimum, dan metode enyetaraan tes dalam penyetaraan vertikal model kredit parsial menggunakan common-item nonequivalent groups design, (4) menghasilkan basis data untuk digunakan dalam penentuan kelulusan dalam sistem ujian akhir nasional dan SNMPTN jalur undangan yang berkeadilan. Realisasi pencapaian kemajuan penelitian sampai tahap pelaporan ini telah sampai pada; (1) disusunnya program CMI yang didalamnya dikembangkan assessment terstandar berbasis equating, dan dalam tahap persiapan ujicoba untuk ujian harian pada mata pelajaran Fisika SMA kelas X dan XI, (2) penyusunan item anchor untuk di ujicobakan di 3 sekolah mitra yaitu SMAN 1 Ngemplak, SMAN Pakem, dan SMAN Cangkringan. Metode Research and Development (R&D) digunakan dalam mengembangkan model assessment berbasis CMI (Computer Management Instructional), menggunakan lima fase perancangan kegiatan model spiral yang diadaptasi dari ‘Five phases of instructional design’. Dalam proses penyetaraan vertikal memakai common-item nonequivalent groups design dan penentuan koefisien penyetaraan dengan Program QUEST, dan dalam penyetaraan kualitas tes digunakan Program EXEL. Hasil uji coba penyetaraan, berdasarkan hasil equating persamaan penyetaraan linier didapatkan bahwa ketiga paket soal harian Fisika (Topik bahasan Besaran dan Satuan serta Gerak) di SMAN Ngemplak (Paket A), SMAN Cangkringan (Paket B), dan SMAN1 Pakem (Paket C) memiliki tingkat kesukaran yang berbeda. Paket B lebih sukar dibandingkan paket A dan Paket A lebih sukar dari Paket C. Maka, persamaan linear equating yang terbaik terhadap skor akhir yang tidak merugikan peserta ujian adalah penyetaraan dari paket sukar ke paket mudah dengan persamaan; (1) Y’ = 1,262 X – 2.9365, (2) Y’ = 1,068 X – 15,122, dan (3) Y’ = 1,256 X – 1,174.

Item Type: Article
Additional Information: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY
Uncontrolled Keywords: Asesmen terstandar, Computer Management Instruction, Equating
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:08
Last Modified: 26 Oct 2015 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item