KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

M. Oktaviandi, Prima Sakti (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
M. Oktaviandi Prima S-10518241032.pdf

Download (558MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: M. Oktaviandi Prima Sakti NIM. 10518241032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan penggunaan model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar Sistem Komputer di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 66 siswa dari kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Guided Inquiry dan X TKJ B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan : (1) model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan WinBreadBoard pada aspek kognitif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata gain 0,74 berbanding 0,52 , (2) model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan WinBreadBoard pada aspek afektif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 60,00 berbanding 55,39, (3) model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan WinBreadBoard pada aspek psikomotorik memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 80,11 berbanding 69,77. Kata kunci: Guided Inquiry, Metode Konvensional, WinBreadBoard

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 Jun 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 23:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item