Model Pendidikan Wirausaha Berbasis Potensi Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar untuk menghasilkan Wirausaha Kreatif dengan Produk Kompetetif

Moerdiyanto, Moerdiyanto and Subiyono, Subiyono and Sutiyono, Sutiyono (2014) Model Pendidikan Wirausaha Berbasis Potensi Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar untuk menghasilkan Wirausaha Kreatif dengan Produk Kompetetif. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR STRAGNAS 2014 reviisi 2.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Model Pendidikan Wirausaha Berbasis Potensi Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar untuk menghasilkan Wirausaha Kreatif dengan Produk Kompetetif. Moerdiyanto,. Subiyono, dan Sutiyono Penelitian ini bertujuan menanamkan keyakinan, pola pikir, spiritual , dan kreativitas kompetitif . Model pendidikan wirausaha kreatif dengan produk – produk kompetetif mengoptimalkan sinergi otak kiri , otak kanan, alam bawah sadar pada gelombang Alpa /dan Teta. Sasaran wirausaha adalah wirausaha dari DIY dan Jateng yang berjumlah 53 orang yang terbagi dalam 17 macam industri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik – teknik hypnosis dan Neuro Language Programming, melalui uji sugestibilitas, afirmasi, visualisasi, hipnosisi masal dan hypnoself pada proses hypnocreativepreneur. Tekniik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantatif dengan tinjaiaun analiasis system. Hasil yang diperoleh uji efektivitas model : pertama, peningkatan aspek keyakinan positip 84.9 % peserta, peningkatan pola pikir positip 92.43 % peserta, peningkatan spiritual 90 %, dan peningkatan produk yang laku 98.13 % peserta.., kedua , Jumlah peserta yang menguasai pengetahuan dan ketrampilan aspek keyakinan, 100 %, aspek pola pikir 100 %, afirmasi dan visdualisasi 100 %, dan hypnocreativepreneur 67.9 %.. Ketiga, Kreativtas yang dilakukan atas petunjuk Nya meliputi produk 29 buah, pelayanan 1 buah, harga 1 buah, tempat 2 buah, promosi 5 buah, relasi public 2 buah, manajemen 6 buah, teknologi 4 buah, sumberdaya manusia 3 buah, pemasaran 5 buah, modal 5 buah, keyakinan 25 buah dan pola pikir 25 buah, keempat, peningkatan lakunya produk yang berkisar 1 % sampai dengan 75 % . ada 21 wirausaha, yang betrkisar 76% sampai dengan 100 % berkisar 4 orang, yang 200 % 1 orang, dan yang laku tetapi tidak menyebutkan peningkatannya ada 23 orang.. Kelemahan wirausaha yang menyolok sebelum mengikuti pelatihan adalah pada aspek kurang sedekah 60.3% peserta, masih mengelih 86.99 % ,. dan memandang bahwa nasib sudah ditentukan Tuhan 66.03 %. Kesimpulan pertama yang perlu diperhatikan atau dibangun dalam pembinaan wirausaha pada umunya dan pembinaan kreativitas pada khususnya tidak hanya yang terkait dengan bisnis langsung, tetapi juga keyakinan, pola pikir dan spiritual., kedua , semua peserta menikmasi peningktan lakunya produk. Kata kunci : Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar Kreatif dan kompetetif.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Penelitian Strategis Nasional
Uncontrolled Keywords: Otak Kanan dan Alam Bawah Sadar Kreatif dan kompetetif
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:59
Last Modified: 16 Jun 2015 06:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item