DIFUSI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI LAGU DAN DOLANAN

Mami, Hajaroh and Rukiyati, Rukiyati and Joko, Pamungkas (2014) DIFUSI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI LAGU DAN DOLANAN. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPoran Stranas 2014.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

DIFUSI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI LAGU DAN DOLANAN Mami Hajaroh, Rukiyati, Joko Pamungkas Penelitian ini bertjuan untuk mendifusikan model pendidikan karakter melalui lagu dan dolanan pada anak usia dini melalui lagu dan dolanan pada Guru TK se DIY; Meningkatkan kompetensi guru TK dalam Pembelajaran Karakter untuk anak usia dini;dan Merevitalisasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam lagu dan dolanan tradisional. Penelitian ini menggunaan pendekatan Research, Development dan Diffusion. Pada tahap ini merupakan tahap difusi model pendidikan karakter kepada para guru taman kanak-kanak, sehingga subyek penelitian ini adalah guru taman-kanak-kanak di DIY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Focus Group Discussion,kuisioner untuk mengukur persuasi dan persepsi guru terhadap model pembelajaran karakter melalui lagu dan dolanan. Teknik observasi digunakan untuk mengamati proses micro teaching pada tahap pelatihan dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tahap pengetahuan, pengurus dan guru- guru TK Aisyiyah memahami model pendidikan karakter; Tahap persuasi Guru TK Aisyiyah siap un guru TK Aisyiyah para guru menilai model pendidikan karakter yang telah dibuat merupakan inovasi alam pembelajaran dapat digunakan di taman kanakkanak. Guru-guru siap untuk mengimplementasikan di sekolah masing-masing; Tahap implemetasi, guru-guru menggunakan lagu dan dolanan anak sebagai media dalam pendidikan karakter di sekolah dan melakukan konfirmasi dengan memberikan pengembanagan disesuaikan dengan nilak-nilai utama yang di TK Aisyiyah. Guru-guru cenderung menggunakan lagu dan dolanan untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan yang merupakan kekhasan sekolah. Dengan konfirmasi yang dilakukan oleh guru-guru menunjukkan bahwa guru mengadopsi model pendidikan karakter. Kata Kunci: Model ; Lagu dan Dolanan; Anak Usia Dini; Pendidikan Karakter

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Lagu dan Dolanan; Anak Usia Dini; Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Jun 2015 02:48
Last Modified: 16 Jun 2015 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item View Item