Endang Mulyatiningsih, Dr. and Sugiyono, - and Sutriyati, Purwanti (2014) MODEL PARTNERSHIP GURU PRODUKTIF SMK DENGAN DUDI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEACHERPREUNER. [Experiment/Research]
|
Text
ENDANG MULYATININGSIH_UNY_LAPORAN STRANAS 2014 (2).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
MODEL PARTNERSHIP GURU PRODUKTIF SMK DENGAN DUDI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEACHERPREUNER Oleh: Dr. Endang Mulyatiningsih, Prof. Dr. Sugiyono, M. Pd; Sutriyati Purwanti. M. Si Guru SMK yang sukses adalah guru yang dapat memberdayakan dirinya untuk menjadi seorang teacherpreuner. Di masa depan, guru yang hanya memiliki keahlian mengajar, karirnya tidak akan berkembang. Untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuner, guru perlu mendapatkan pengalaman partnership dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model partnership antara guru produktif SMK dengan DUDI yang efektif untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuneur. Tujuan tersebut dicapai dalam kurun waktu 3 tahun dengan target pencapaian tahun pertama adalah sebagai berikut: (1) merancang model konseptual AMOVIE untuk pelaksanaan program partnership guru produktif SMK dengan DUDI; (2) menguji kelayakan model konseptual AMOVIE; (3) mempelajari potensi yang dimiliki, kendala yang dihadapi dan kebutuhan guru untuk dapat mengembangkan teacherpreneur; (4) merencanakan strategi untuk mengembangkan teacherpreneur pada guru produktif SMK Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Prosedur penelitian dikembangkan dari model ADIE (analysis, design, implementation, evaluation). Pada tahap analysis dilakukan analisis potensi dan kebutuhan pengembangan model partnership yang relevan untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuneur melalui penyebaran kuesioner kepada 111 guru peserta program. Pada tahap design, peneliti merancang model konseptual yang divalidasi oleh 4 narasumber program kemitraan guru produktif SMK dengan DUDI melalui teknik Delphi kemudian hasilnya di diskusikan (FGD) bersama 10 orang pakar. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tahun pertama telah memperoleh: (1) rancangan model konseptual yang diberi nama AMOVIE (Achievment motivation training, On-the- job training, Visual exhibition dan Evaluation); (2) setelah melewati dua tahap validasi, model AMOVIE dinyatakan layak untuk diimplementasikan; (3) guru memiliki potensi untuk menjadi teacherpreuneur dibidang akademis dan industri kreatif sesuai dengan paket keahlian SMK namun terkendala oleh kesibukan melaksanakan tugas-tugas administrasi, sumberdaya, dan motivasi; (4) strategi yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan teacherpreuneur adalah dengan memotivasi guru untuk berprestasi dan memberi contoh (best practice) dari orang- orang yang sudah berpengalaman mengembangan kemampuan teacherpreneur. Kata kunci: partnership, teacherpreuneur, DUDI
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Additional Information: | PENELITIAN STRATEGIS NASIONAL |
Uncontrolled Keywords: | partnership, teacherpreuneur, DUDI |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 13 Jun 2015 05:32 |
Last Modified: | 16 Jun 2015 06:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |