PENGEMBANGAN MODEL PENGUATAN SOFT SKILLS DALAM MEWUJUDKAN CALON GURU KEJURUAN PROFESIONAL BERKARAKTER

Wagiran, Wagiran and Munadi, Sudji and Fathudin, Syukri (2014) PENGEMBANGAN MODEL PENGUATAN SOFT SKILLS DALAM MEWUJUDKAN CALON GURU KEJURUAN PROFESIONAL BERKARAKTER. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 92-102. ISSN 0125-992X

[img] Text (Article)
2195
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model penguatan soft skills dalam mewujudkan calon guru kejuruan profesional berkarakter. Penelitian dirancang dengan menggunakan pendekatan Researchand Development selama dua tahun. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala SMK, guru, mahasiswa, dan ahli pendidikan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi hal-hal berikut ini. Pertama, rumusan model penguatan soft skills calon guru difokuskan kepada dua mata kuliah utama, yakni pengajaran mikro dan PPL dengan model integratif. Kedua, urgensi aspek hard skills dan soft skills berada dalam kategori baik/penting dengan pencapaian rerata di atas rerata kriteria, dan pencapaian skor masing-masing 88,2%, dan 87,11%. Ketiga, kemampuan aspek hard skills dan soft skills berada dalam kategori baik/penting dengan pencapaian rerata atas rerata kriteria,dan pencapaian skor masing-masing 72,81%, dan 74,11% dalam kategori cukup tinggi

Item Type: Article
Additional Information: FT UNY
Uncontrolled Keywords: guru kejuruan profesional, soft skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jun 2015 05:58
Last Modified: 12 Jun 2015 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20469

Actions (login required)

View Item View Item