Rachmawati, Umi and Madya, Suwarsih (2014) PENGEMBANGAN WEBQUEST SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1MUNTILAN. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 83-91. ISSN 0125-992X
Text (Article)
2194 Restricted to Registered users only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca bagi siswa kelas dua SMAN 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014. Pengembangan WebQuests dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yakni analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan ujicoba. Analisis kebutuhan dilakukan melalui proses studi pustaka, membuat instrumen analisis kebutuhan, pengumpulan data kebutuhan siswa, dan menganalisis kebutuhan siswa. Pada tahap pengembangan produk, peneliti mengembangkan produk awal, dan memvalidasi produk awal pada ahli. Tahap ujicoba dilakukan dua kali, yakni ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Data yang diperoleh dari siswa dan ahli terhadap penggunaan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca dikumpulkan melalui diskusi kelompok, kuesioner, dokumen, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan WebQuests dari aspek kualitas isi dapat dikategorikan sebagai bagus. Pengembangan produk tersebut telah berhasil mencapai tujuan dalam memfasilitasi siswa kelas dua dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Muntilan
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | PPs UNY |
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, WebQuests |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 05:49 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 05:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20465 |
Actions (login required)
View Item |