PENGEMBANGAN WEBQUEST SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1MUNTILAN

Rachmawati, Umi and Madya, Suwarsih (2014) PENGEMBANGAN WEBQUEST SEBAGAI MEDIA INSTRUKSIONAL MEMBACA SISWA SMA NEGERI 1MUNTILAN. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 83-91. ISSN 0125-992X

[img] Text (Article)
2194
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca bagi siswa kelas dua SMAN 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014. Pengembangan WebQuests dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yakni analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan ujicoba. Analisis kebutuhan dilakukan melalui proses studi pustaka, membuat instrumen analisis kebutuhan, pengumpulan data kebutuhan siswa, dan menganalisis kebutuhan siswa. Pada tahap pengembangan produk, peneliti mengembangkan produk awal, dan memvalidasi produk awal pada ahli. Tahap ujicoba dilakukan dua kali, yakni ujicoba skala kecil dan ujicoba skala besar. Data yang diperoleh dari siswa dan ahli terhadap penggunaan WebQuests sebagai media pembelajaran membaca dikumpulkan melalui diskusi kelompok, kuesioner, dokumen, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan WebQuests dari aspek kualitas isi dapat dikategorikan sebagai bagus. Pengembangan produk tersebut telah berhasil mencapai tujuan dalam memfasilitasi siswa kelas dua dalam pembelajaran membaca di SMAN 1 Muntilan

Item Type: Article
Additional Information: PPs UNY
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, WebQuests
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jun 2015 05:49
Last Modified: 12 Jun 2015 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item View Item