Wahyono, Sugeng Bayu and Hardianto, Deni and Estu, Miyarso (2014) PENGUKURAN INDEKS ETOS BELAJAR SISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 51-63. ISSN 0125-992X
Text (Article)
2191 Restricted to Registered users only Download (15kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah merumuskan dan memetakan indeks etos belajar siswa ditinjau dari asal daerah kabupaten/kota; mengetahui penyebab rendahnya etos belajar siswa; serta mengetahui komitmen sekolah dalam usaha mengatasi rendahnya etos belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode survai. Untuk mengumpulkan data-data primer dari pengalaman dan pendapat responden dilakukan melalui angket dan wawancara terbimbing. Analisis menggunakan model kuantitatif dengan menerapkan statistik deskriptif yang dikombinasi dengan analisis diskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran masih dalam kategori sedang cenderung rendah, sementara untuk siswa sekolah di daerah pusat masuk dalam kategori sedang cenderung tinggi. Letak teritorial cenderung memiliki hubungan signifikan terhadap rendahnya etos belajar siswa di sekolah pinggiran
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | FIP UNY |
Uncontrolled Keywords: | pengukuran indeks etos belajar siswa, pemerataan, peningkatan kualitas pendidikan DIY |
Subjects: | Pendidikan > Other LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 05:36 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 05:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20459 |
Actions (login required)
View Item |