PENGUKURAN INDEKS ETOS BELAJAR SISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wahyono, Sugeng Bayu and Hardianto, Deni and Estu, Miyarso (2014) PENGUKURAN INDEKS ETOS BELAJAR SISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 51-63. ISSN 0125-992X

[img] Text (Article)
2191
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merumuskan dan memetakan indeks etos belajar siswa ditinjau dari asal daerah kabupaten/kota; mengetahui penyebab rendahnya etos belajar siswa; serta mengetahui komitmen sekolah dalam usaha mengatasi rendahnya etos belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode survai. Untuk mengumpulkan data-data primer dari pengalaman dan pendapat responden dilakukan melalui angket dan wawancara terbimbing. Analisis menggunakan model kuantitatif dengan menerapkan statistik deskriptif yang dikombinasi dengan analisis diskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran masih dalam kategori sedang cenderung rendah, sementara untuk siswa sekolah di daerah pusat masuk dalam kategori sedang cenderung tinggi. Letak teritorial cenderung memiliki hubungan signifikan terhadap rendahnya etos belajar siswa di sekolah pinggiran

Item Type: Article
Additional Information: FIP UNY
Uncontrolled Keywords: pengukuran indeks etos belajar siswa, pemerataan, peningkatan kualitas pendidikan DIY
Subjects: Pendidikan > Other
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jun 2015 05:36
Last Modified: 12 Jun 2015 05:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item