PENGEMBANGAN BUTIR SOAL MATEMATIKA SD DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR SEBAGAI UPAYA DALAM PENGADAAN BANK SOAL

Hayati, Nila and Mardapi, Djemari (2014) PENGEMBANGAN BUTIR SOAL MATEMATIKA SD DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR SEBAGAI UPAYA DALAM PENGADAAN BANK SOAL. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 26-38. ISSN 0125-992X

[img] Text (Article)
2189
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan butir-butir soal yang berkriteria baik dan melakukan penyetaraan butir soal perangkat tes mata pelajaran Matemarika SD yang disiapkan untuk bank soal. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Sampel siswa berjumlah 258 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Perangkat tes yang diujikan meliputi dua paket soal (MAT_1 dan MAT_2) yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan program Iteman 3.00 untuk analisis dengan teori tes klasik dan program Bilog MG untuk analisis dengan teori respons butir model dua parameter. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan dari 40 butir soal perangkat tes MAT_1 diperoleh 28 butir soal, sedangkan perangkat tes MAT_2 diperoleh 24 butir soal yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam bank soal. Ke-52 butir soal dari perangkat tes MAT_dan MAT_2 diarsip secara digital dengan aplikasi komputer

Item Type: Article
Additional Information: STKIP Hamzanwadi Selong NTB
Uncontrolled Keywords: Bank Soal, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jun 2015 05:09
Last Modified: 12 Jun 2015 05:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item