Hayati, Nila and Mardapi, Djemari (2014) PENGEMBANGAN BUTIR SOAL MATEMATIKA SD DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR SEBAGAI UPAYA DALAM PENGADAAN BANK SOAL. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 26-38. ISSN 0125-992X
![]() |
Text (Article)
2189 Restricted to Registered users only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan butir-butir soal yang berkriteria baik dan melakukan penyetaraan butir soal perangkat tes mata pelajaran Matemarika SD yang disiapkan untuk bank soal. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Sampel siswa berjumlah 258 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Perangkat tes yang diujikan meliputi dua paket soal (MAT_1 dan MAT_2) yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan program Iteman 3.00 untuk analisis dengan teori tes klasik dan program Bilog MG untuk analisis dengan teori respons butir model dua parameter. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan dari 40 butir soal perangkat tes MAT_1 diperoleh 28 butir soal, sedangkan perangkat tes MAT_2 diperoleh 24 butir soal yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam bank soal. Ke-52 butir soal dari perangkat tes MAT_dan MAT_2 diarsip secara digital dengan aplikasi komputer
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | STKIP Hamzanwadi Selong NTB |
Uncontrolled Keywords: | Bank Soal, Matematika, Sekolah Dasar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 05:09 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 05:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |