EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIKTHINK PAIRS SHARE (TPS) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SALAM

Rahayu, Putri and Listyani, Endang (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIKTHINK PAIRS SHARE (TPS) DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif teknik think pairs share (TPS) ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di SMP N 1 Salam. Efektivitas model pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di SMP N 1 Salam, serta mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif teknik think pairs share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII di SMP N 1 Salam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Salam dengan sampel penelitian ini adalah 2 kelas dari 6 kelas pada kelas VIII di SMP N 1 Salam yang dipilih secara acak (simple random sampling) yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatiftipethink pairs share (TPS). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket, dan tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh para ahli dengan hasil layak digunakan dengan revisi. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif teknik TPS efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika 2) model pembelajaran kooperatif teknik TPS efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika 3) model pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika 4) model pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika 5) model pembelajaran kooperatif teknik TPS lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika 6) model pembelajaran kooperatif teknik TPS lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar matematika. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, think pairs share (TPS), konvensional, prestasi, motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Jun 2015 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 23:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item