PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMESINAN BUBUT CNC UNTUK SISWA SMK

Fendi, Tri wibowo (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMESINAN BUBUT CNC UNTUK SISWA SMK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fendi Tri Wibowo 09503244038.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMESINAN BUBUT CNC UNTUK SISWA SMK Oleh : Fendi Tri wibowo 09503244038 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik modul pemesinan bubut CNC untuk siswa SMK; (2) Menguji tingkat keefektifan modul pemesinan bubut CNC. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan produk baru berupa modul mata pelajaran mesin bubut CNC melalui beberapa tahap, yaitu (1) pengukuran kebutuhan dan studi literatur; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan produk draft produk dengan mengujikan kepada ahli materi; (4) uji coba; (5) revisi uji coba; (6) penyempurnaan produk akhir;. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Leonardo Klaten. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket, dan soal. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran mengeset dan memprogram mesin CNC Dasar. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa produk berbentuk modul mata pelajaran mengeset dan memprogram mesin CNC Dasar. Berdasarkan silabus, standar kompetensi dan kompetensi dasar materi-materi kemudian dikembangkan modul dengan materi (1) prinsip kerja dan pengoperasian mesin bubut CNC; (2) dasar pemograman mesin bubut CNC GSK 928 TE II; (3) membuka, menulis dan mengedit program mesin bubut CNC GSK 928 TE II; (4) mode automatic. Uji kelayakan terhadap modul pembelajaran mengeset dan memprogram mesin CNC Dasar yang dikembangkan, menurut penilaian dosen ahli materi memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,53 dengan kriteria penilaian sangat baik, guru Program Studi Teknik Pemesinan sebagai ahli materi memperoleh rata-rata skor keseluruhan 4,46 dengan kriteria penilaian sangat baik, dari ahli media memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,05 dengan kriteria penilaian baik, dan dari uji lapangan memperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,35 dengan kriteria penilaian sangat baik. Standar kelayakan modul apabila skor rata-rata keseluruhan tidak kurang dari standar minimal yaitu baik. Dan modul meningkatkan Keefektifan pembelajaran mengeset dan memprogram mesin CNC Dasar. Kata kunci : Modul, pembelajaran mengeset dan memprogram mesin CNC Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 23:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20305

Actions (login required)

View Item View Item