Suhaidi, Suhaidi (2015) Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Diklat PLC Dengan Menggunakan Media Distributing Station. S1 thesis, UNY.
|
Text
suhadi.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Diklat PLC Dengan Menggunakan Media Distributing Station Oleh Suhaidi 07518241003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa mata diklat PLC kelas dua di SMKN 2 Yogyakarta dengan menggunakan media distributing station, Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, hal ini digunakan karena pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dari satu tindakan menuju tindakan berikutnya dengan menggunakan media pembelajaran berupa distributing station yang dikaitkan dengan pembelajaran PLC. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, setiap satu siklus dilakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran kemudian dianalisis dan dilakukan tindakan ulang untuk memperbaiki siklus sebelumnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan post test di akhir siklu dan pengisian angket untuk mengukur tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan motivasi dan prestasi siswa pada mata diklat PLC dengan menggunakan media distributing station telah berhasil dalam dua siklus. Hal ini ditunjukan dari perolehan nilai rata-rata prestasi siswa yaitu pada siklus pertama dimana untuk kelas 2L3 rata-ratanya adalah 92,03 dan 82,03 untuk kelas 2L4. Sedankang pada siklus ke dua perolehan nilai rataratanya adalah 84,13 untuk kelas 2L3 dan 81,09 untuk kelas 2L4. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Distributing Station dan Programmable Logic Control (PLC)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 01:05 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20222 |
Actions (login required)
View Item |