PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK MJPS 1 TASIKMALAYA

Soni, Purnamaasih (2015) PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK MJPS 1 TASIKMALAYA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Soni Purnama 08503244026.pdf

Download (94MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MEDIA SIMULATOR CNC TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK MJPS 1 TASIKMALAYA Oleh : SoniPurnamaasih 08503244026 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)mengetahui perbedaan hasil belajar CNC Dasar pada siswa antara kelompok eksperimen yang menggunakan media Simulator CNC dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran di SMK MJPS 1 Tasikmaya;dan (2) mengetahui pengaruhpenggunaanmedia Simulator CNCpadasiswa terhadap prestasi belajar CNC Dasar di SMK MJPS 1 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design. Tempat penelitian dilakukan di SMK MJPS 1 Tasikmalaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan (XI TP) yang terdiri dari 2 (dua) kelas, kelas eksperimen (XITP1) dan kelas kontrol (XI TP2). Perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan memberikan pembelajaran dengan media Simulator CNC,sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metodekonvensional.Pengumpulan data dilakukanmenggunakaninstrumenberupatesprogram CNC yang diberikansebelumpembelajaran/pretestdansesudah/posttest.Teknikanalisis data yang digunakanyaituteknikanalisisdeskriptif yang meliputi: modus, median, mean, varians, danstandardeviasisertaujianalisishipotesisdenganuji beda menggunakan ttest. Hasil dan kesimpulan ini adalah adalah (1) ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Simulator CNC dengan pembelajaran secara konvensional. (t hitung = 2,57 dan t tabel = 2,04. t hitung > t tabel ). (2) Dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 78,20 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 74,75 yang menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Simulator CNC lebih efektif dari pada pembelajaran secara konvensional. (3) Dilihat dari nilai rata-rata prttest kelas eksperimen sebesar 49,80 dan nilai ratarata posttest sebesar 78,05 maka terjadi peningkatan sebesar 28,25 atau sebesar 28,25 %. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 49,95 dan nilai rata-rata posttest sebesar 74,75 maka terjadi peningkatan sebesar 24,81 atau sebesar 24,81 %. Data di atas menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Simulator CNC dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari pada pembelajaran secara konvensional. Kata kunci: media, Simulator, CNC,prestasi belajar, CNC Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Jun 2015 01:03
Last Modified: 29 Jan 2019 23:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20221

Actions (login required)

View Item View Item