Eka, Oktavianingsih (2015) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK SUNSHINE KALASAN SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (30MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum yang berbasis pada Multiple Intelligence di TK Sunshine Kalasan Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, 4 guru Kelompok A dan B, dan 28 siswa Kelompok A dan B. Objek penelitian berupa kurikulum yang berlandaskan pada Multiple Intelligence di TK Sunshine. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang telah divalidasi melalui evaluasi diri. Data-data penelitian diperoleh melalui metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data tersebut kemudian dikodekan menjadi CW (catatan wawancara), CL (catatan lapangan), dan CD (catatan dokumentasi). Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis Multiple Intelligence di TK Sunshine Kalasan Sleman meliputi (1) Perencanaan pembelajaran yaitu program semester, rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana kegiatan harian (RKH) yang di dalamnya terdapat indikator-indikator dari masing-masing kecerdasan jamak; (2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu kegiatan luar yang terdiri dari pra at the playground dan at the playground, kegiatan awal yang terdiri dari berdoa dengan bahasa Inggris, greeting circle, dan apersepsi, kegiatan inti terdiri dari tiga kegiatan yang bervariasi, istirahat digunakan untuk makan bersama dan bermain bebas, dan kegiatan akhir terdiri dari pelaksanaan kegiatan awal atau inti yang belum terlaksana, refleksi kegiatan, penyampaian pesan, dan berdoa menggunakan bahasa Inggris; (3) Evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi harian terdiri dari penilaian langsung dengan rewards berupa gambar es krim dan sticker bintang serta penilaian tertulis dengan diberi tanda ●, , , dan yang masing-masing memiliki makna pada setiap indikator kecerdasan yang dikembangkan, evaluasi mingguan, laporan perkembangan bulanan yang mengacu pada delapan kecerdasan dan tema bulan itu, serta laporan perkembangan semester yang sesuai dengan dinas; dan (4) Faktor penghambat yaitu kadangkala guru belum menyiapkan pembelajaran dan belum melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran serta faktor pendukung berupa sarana prasarana yang memadai dan dukungan orangtua atau wali murid.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 00:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20196 |
Actions (login required)
View Item |