PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS XI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Enggar Lutfi Meirzal, Fauzi (2015) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS XI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Komplit Sampul-Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS XI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : Enggar Lutfi Meirzal Fauzi NIM. 08518244007 ABSTRAK Proses pembelajaran siswa, terlebih-lebih di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), hendaknya didorong untuk melakukan kegiatan yang dapat menumbuhkan proses kegiatan kreativitas. Metode pemberian tugas adalah cara penyajian pelajaran dengan cara guru memberi tugas tertentu kepada siswa dalam waktu yang telah ditentukan dan siswa mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya. Metode pemberian tugas merupakan bagian dari faktor penentu keberhasilan pendidikan bagi para siswa. Pemberian tugas yang diberikan guru dapat secara individu atau kelompok. Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif persepsi siswa dalam metode pemberian tugas dengan kreativitas pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Yogyakarta Jurusan Elektronika Industri. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan penyebaran angket. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis ex post facto dengan jumlah responden sebanyak 38 siswa, yaitu siswa kelas XI Jurusan Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Yogyakarta. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas data. Dari hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh hasil terdapat Pengaruh positif antara persepsi siswa dalam metode pemberian tugas dengan kreativitas siswa berdasarkan koefisien determinasi 0,249 atau 24,9%. dengan persamaan regresinya Y = 28,73 + 0,851 X, jadi dapat disimpulkan semakin baik pesepsi siswa dalam metode pemberian tugas, maka tingkat Kreativitas siswa menjadi lebih baik, sebaliknya semakin buruk persepsi siswa dalam metode pemberian tugas, maka tingkat kreativitas siswa memburuk. Kata kunci: pengaruh, metode pemberian tugas, kreativitas, SMK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 07:19
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20195

Actions (login required)

View Item View Item