Pengembangan Model Scientific Based Learning dalam Peningkatan Prestasi Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati

Rochmah, Evy Nur (2015) Pengembangan Model Scientific Based Learning dalam Peningkatan Prestasi Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-evy-nur-rochmah-13712251072.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan produk berupa model scientific based learning dalam peningkatan prestasi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati yang layak dan (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran dalam peningkatan prestasi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati. Jenis penelitian adalah research & development (R&D). Penelitian mengembangkan model pembelajaran menggunakan model Borg & Gall. Desain pengembangan model pembelajaran tersebut dirancang menjadi tiga prosedur, yaitu: (a) studi pendahuluan, (b) desain produk, (3) pengembangan dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar tes. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati yang tersebar di tiga sekolah. Responden dalam penelitian ini sebanyak 101 orang, yang terdiri dari 3 validator, 12 siswa dan 1 guru pada uji coba terbatas, 32 siswa dan 1 guru pada uji coba lapangan, 48 siswa dan 4 guru pada uji coba operasional. Penelitian ini menghasilkan model scientific based learning dalam peningkatan prestasi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa SD kelas II di Kecamatan Mlati yang terdiri dari lima bagian yaitu identifikasi masalah, landasan teori, analisis SKL, KI, KD, proses pembelajaran, dan proses penilaian. Hasil validasi menunjukkan model yang dikembangkan layak digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model scientific based learning dalam peningkatan prestasi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa SD kelas II memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil observasi kegiatan siswa, pengelolaan guru, pretest dan posttest. Pada uji coba yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan skor rata-rata pada uji coba terbatas aspek kognitif sebesar 34,3 poin, pada aspek afektif sebesar 32,1 poin, dan aspek psikomotor 20 poin. Pada uji coba lapangan menunjukkan peningkatan skor pada aspek kognitif sebesar 24,6 poin, pada aspek afektif sebesar 25,6 poin, dan pada aspek psikomotor sebesar 25,3 poin. Pada uji coba operasional menunjukkan peningkatan skor pada aspek kognitif sebesar 46,5 poin, pada aspek afektif 29,1 poin, dan pada aspek psikomotor sebesar 32,1 poin dengan skor maksimal 100 poin.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran scientific, kognitif, afektif, psikomotor
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 09 May 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20098

Actions (login required)

View Item View Item