Pengaruh Penggunaan Media Video dan Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Se-Gugus V Kecamatan Kasihan-Bantul

Ulfah, Dian mariya (2015) Pengaruh Penggunaan Media Video dan Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Se-Gugus V Kecamatan Kasihan-Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-mariya-ulfah-13712251044.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media video terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran bahasa, (2) pengaruh media gambar terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia, (3) perbedaan pengaruh media video dan gambar terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SDN Se-Gugus V Kecamatan Kasihan-Bantul yang berjumlah 4 SD Negeri dengan jumlah 124 peserta didik dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara undian, adapun hasil undian yaitu kelas VA SDN Kasongan sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VB SDN Kasongan sebagai kelompok eksperimen 2 dan kelas V SDN Kalangan sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes unjuk kerja keterampilan menulis kembali isi cerita. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media video, media gambar dan media konvensional, data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur yang dilanjutkan dengan uji LSD. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media video berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan taraf signifikan menunjukkan 0,000 < 0,05 (2) media gambar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan taraf signifikan menunjukkan 0,022 < 0,05 (3) terdapat perbedaan pengaruh media video dan gambar yang signifikan terhadap keterampilan menulis terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan taraf signifikan menunjukkan 0,043 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media video, media gambar, keterampilan menulis kembali isi cerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 09 May 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20096

Actions (login required)

View Item View Item