TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM FILM LE FABULEUX DESTIN D’AMÉLIE POULAIN KARYA JEAN PIERRE JEUNET DAN GUILLAUME LAURANT

Pramesti, Swesti Intan (2013) TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM FILM LE FABULEUX DESTIN D’AMÉLIE POULAIN KARYA JEAN PIERRE JEUNET DAN GUILLAUME LAURANT. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Swesti Intan Pramesti 09204241024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur representatif dalam film Le Fabuleux Destin d’Amelie Poulain karya Jean Pierre Jeunet dan Guillaume Laurant dan (2) untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi tindak tutur representatif dalam film Le Fabuleux Destin d’Amelie Poulain karya Jean Pierre Jeunet dan Guillaume Laurant. Subjek penelitian ini adalah semua tuturan yang terdapat dalam film Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain karya Jean Pierre Jeunet dan Guillaume Laurant. Objek penelitian ini adalah semua tuturan yang mengandung tindak tutur representatif dalam film tersebut. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik SBLC dan teknik catat yang dibantu dengan tabel data. Data dianalisis dengan metode padan referensial dan metode padan pragmatis. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantis, sedangkan reliabilitas diuji dengan intrarater dan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat jenis tindak tutur representatif dalam film Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain karya Jean Pierre Jeunet dan Guillaume Laurant, yaitu tindak asertif, prediktif, retrodiktif, deskriptif, informatif, konfirmatif, konsesif, rektraktif, asentif, dissentif, disputatif, responsif, sugestif, suppositif dan (2) tindak tutur representatif dalam film Le Fabuleux Destin d’Amélie Poulain karya Jean Pierre Jeunet dan Guillaume Laurant berfungsi untuk a). menyatakan dan menolak (asertif), b). memprediksi (prediktif), c). melaporkan (retrodiktif), d). mendeskripsikan (deskriptif), e). menginformasikan, menekankan, menunjukkan, dan menceritakan (informatif), f). mengkonfirmasikan (konfirmatif), g). mengijinkan (konsesif), h). membenarkan dan menyanggah (retraktif), i). menyetujui (asentif), j). menyatakan tidak setuju (dissentif), k). berkeberatan (disputatif), l). merespon (responsif), m). berspekulasi dan menyarankan (sugestif), n). memperkirakan (suppositif). Jenis dan fungsi tindak tutur representatif yang paling banyak digunakan dalam film tersebut adalah jenis informatif (sejumlah 77 data) dan yang berfungsi untuk menginformasikan (sejumlah 40 data) dari 198 data keseluruhan yang ada. Hal tersebut menunjukkan bahwa penutur menggunakan tuturan representatif untuk menginformasikan suatu hal kepada mitra tutur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pragmatik, jenis, dan fungsi tindak tutur representatif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 02:28
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item