KEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMK N 1 BANTUL

Sanjaya, Irawan Bangkit (2014) KEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMK N 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Irawan Bangkit Sanjaya 10204241031.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Prancis antara siswa kelas XI SMK N 1 Bantul yang diajar menggunakan media komik dan siswa yang diajar tanpa menggunakan media komik, (2) keefektifan penggunaan media komik dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Prosedur penelitian dibagi dalam tiga tahapan, yaitu: pra-eksperimen, pelakasanaan eksperimen, pasca-eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Bantul. Responden terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media komik dan kelompok kontrol tanpa menggunakan media komik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel diperoleh kelas XI PM 1 (31 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PM 2 (29 siswa) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini memiliki 2 variabel, yaitu penggunaan media komik sebagai variabel bebas, dan keterampilan membaca bahasa Prancis sebagai variabel terikat. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Hasil uji-t menunjukan bahwa thitung > ttabel, yaitu sebesar: 2,055 dengan db sebesar 58, sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,002. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu juga dapat diketahui melalui mean posttest kelas eksperimen, yaitu 20,23 lebih tinggi dibandingkan mean posttest kelas kontrol sebesar 18,52. Peningkatan mean kelas eksperimen sebesar 2,13, sedangkan peningkatan mean kelas kontrol sebesar 0,86. Hasil perhitungan gain score adalah 0,31 yang masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunakan media komik lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas XI SMK N 1 Bantul daripada penggunaan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komik, membaca, SMK N 1 bantul
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 02:11
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20083

Actions (login required)

View Item View Item