PERBEDAAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE SHARE DAN TIDAK DIAJAR DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE SHARE (TPSS) DI SMA 1 SANDEN

Marthasasi, Devi Ekawati (2013) PERBEDAAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE SHARE DAN TIDAK DIAJAR DENGAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE SHARE (TPSS) DI SMA 1 SANDEN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Devi Ekawati Marthasasi 06204241035.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Keterampilan menulis bahasa Prancis siswa yang diajar dengan teknik Think Pair Square Share, (b) Keterampilan menulis bahasa Prancis siswa yang diajar tanpa teknik Think Pair Square Share, (c) Perbedaan prestasi menulis bahasa Prancis antara kelompok siswa yang diajar dengan teknik Think Pair Square Share dan kelompok siswa yang diajar tanpa teknik Think Pair Square Share. Metode yang digunakan adalah True Experimental dengan desain pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Sanden. Teknik untuk menentukan sampel adalah Purposive sampling atau disebut juga Jugement sampling. Purposive sampling yaitu sampel dipilih berdasarkan penilaian peneliti. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian bisa dilihat keterampilan menulis bahasa Prancis pada siswa yang diajar dengan teknik Think Pair Square Share skor rata-rata antara pretest kelas eksperimen 6,14 dan skor rata-rata post-test 7,74, membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar keterampilan menulis setelah diberikan treatment dengan teknik Think Pair Square Share. Sedangkan untuk keterampilan menulis bahasa Prancis pada siswa yang diajar tanpa teknik Think Pair Square Share skor rata-rata pretest pada kelas kontrol 6,94 dan skor rata-rata post-test 6,98 dengan ini membuktikan bahwa tanpa teknik Think Pair Square Share tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hasil post-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,712 dengan db = 68, dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db = 68 diperoleh 1,990. Ada perbedaan Signifikan antara prestasi menulis bahasa Prancis antara kelompok siswa yang diajar dengan teknik Think Pair Square Share dan kelompok siswa yang diajar tanpa teknik Think Pair Square Share.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, think pair square share
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 01:53
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20076

Actions (login required)

View Item View Item