ANALISIS WACANA IKLAN MOBIL PADA MAJALAH L’EXPRESS EDISI APRIL 2012-APRIL 2013 DENGAN PENDEKATAN MAKROSTRUKTURAL

Fadhilla, Arlina Nurul (2014) ANALISIS WACANA IKLAN MOBIL PADA MAJALAH L’EXPRESS EDISI APRIL 2012-APRIL 2013 DENGAN PENDEKATAN MAKROSTRUKTURAL. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Arlina Nurul Fadhilla 09204244026.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konteks wacana iklan mobil pada majalah L’Express, (2) mendeskripsikan prinsip penafsiran yang meliputi prinsip lokal, temporal dan prinsip tindakan di dalam wacana iklan mobil pada majalah L’Express, dan (3) mendeskripsikan prinsip analogi wacana iklan mobil pada majalah L’Express. Data penelitian ini diperoleh dari majalah L’Express yang terbit pada bulan April 2012 sampai bulan April 2013 yang meliputi edisi No. 3171 dan edisi No. 3225. Data diperoleh dengan metode simak dan teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Data dianalisis dengan metode padan referensial untuk mendeskripsikan konteks situasi. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik, reliabilitas intrarater dan expert judgement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa judul pada wacana iklan tersebut mendeskripsikan karakteristik mobil yang diiklankan, subjudul mendeskripsikan merekdagang, sedangkan teks iklan mendeskripsikan sistem, teknologi, fasilitas, serta harga produk. Logo mobil merupakan filosofi perusahaan mobil. Melalui ilustrasi iklan diketahui bahwa seluruh produk mobil dalam majalah L’Express merupakan mobil dengan berbagai kategori yaitu city car, hatchback, SUV, sedan, dan cabriolet/konvertibel, serta latar iklan di jalanan perkotaan, kontruksi pabrik, alam terbuka, dan background yang disesuaikan dengan warna dan karakter mobil. Selain itu penulisan huruf judul yang lebih besar dari huruf subjudul dan teks dibuat agar menarik perhatian pembaca. Prinsip personal wacana iklan tersebut mendeskripsikan bahwa jenis mobil yang diiklankan cocok digunakan oleh pria, wanita, atau anak muda, kalangan atas, menengah atau bawah, dan untuk kegiatan seseorang yang cocok dengan jenis mobil tertentu. Prinsip lokasional mendeskripsikan jenis mobil tertentu cocok dikendarai di jalanan perkotaan atau segala medan. Prinsip temporal berkaitan dengan waktu. Jenis mobil tertentu yang terdapat dalam ilustrasi iklan cocok dikendarai pada setiap waktu atau waktu tertentu. Selain itu juga prinsip analogi merupakan dasar bagi penutur dan mitra tutur untuk memahami makna. Wacana iklan mobil tersebut mendeskripsikan bahwa produsen sebagai penutur menyampaikan informasi mengenai produk yang diiklankan dengan menunjukkan kelebihan produk tersebut. Dari informasi itu pembaca sebagai mitra tutur dapat memahami maksud yang disampaikan produsen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: iklan, l'express, makrostruktural
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 01:43
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item View Item