HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA KELAS XII PARIWISATA SMK N 6 dan SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Suraningtyas, Alfian Purwani (2013) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA KELAS XII PARIWISATA SMK N 6 dan SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Alfian Purwani Suraningtyas 06204241009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara Bahasa Prancis siswa kelas XII Pariwisata SMKN 6 Dan SMKN 7 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Pariwisata SMKN 6 dan SMKN 7 Yogyakarta yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan 30 siswa. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa kelas XII Pariwisata. Instrumen penelitian ini berupa tes penguasaan kosakata dan tes kemampuan berbicara bahasa Prancis. Hasil uji coba instrumen penguasaan kosakata menunjukkan bahwa dari 30 butir soal, 30 butir soal dinyatakan valid dan tidak ada butir soal yang gugur, kemudian hasil uji coba instrumen kemampuan berbicara Bahasa Prancis dari 5 kriteria uji, semuanya dinyatakan valid. Hasil uji coba prasyarat analisis menunjukkan bahwa sebaran data skor tes penguasaan kosakata berdistribusi normal dengan x2observasi≤x2tabel yaitu 6,867 ≤ 12,592 dan sebaran skor tes kemampuan berbicara Bahasa Prancis berdistribusi normal dengan x2observasi ≤ x2tabel yaitu 6,667 ≤ 18,307. Kemudian hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua variabel mempunyai data skor tes yang homogen dengan Fobservasi≤ Ftabel yaitu 1,857 ≤ 3,44 dan untuk hasil uji linieritas menunjukkan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier dengan Fobservasi ≥ Ftabel yaitu 16,085 ≥ 0,251. Pengujian hipotesisnya menggunakan rumus korelasi product moment Pearson. Kriteria penerimaan dan penolakan hipotesisi tersebut menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara bahasa Prancis. Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa rhitung ≥ rtabel yaitu 0,604 ≥ 0,351 dengan sumbangan efektif sebesar 36,5% dan sisanya 63,5% merupakan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kosakata, berbicara, pariwisata
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 01:28
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20064

Actions (login required)

View Item View Item