EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Tobing, Novia Helena L. (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Novia Helena L. Tobing 09204241023.PDF

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur efektivitas penggunaan teknik Think Pair Share dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta, (2) mengukur ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan teknik TPS dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional (ceramah). Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen, dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta dengan jumlah 186 peserta didik. Sampelnya adalah peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 peserta didik dan peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas Spearman Brown. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) teknik TPS efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan skor dari pretest ke posttest. Kelas eksperimen yang diajar menggunakan teknik TPS mengalami peningkatan sebesar 2,47 dan kelas kontrol yang diajar tanpa teknik TPS mengalami peningkatan sebesar 1,44. Selain itu, hasil gain score <g> sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori 0,7 > (<g>) < 0,3 = sedang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa (2) nilai thitung > ttabel yaitu 3,361>2,0032 dengan db=56 pada taraf signifikasi 5%, hasil penghitungan tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Prancis peserta didik kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta yang diajar dengan menggunakan teknik TPS dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional (ceramah).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: think pair share, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 06:37
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20059

Actions (login required)

View Item View Item