BENTUK DAN FUNGSI TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA KOMIK LUCKY LUKE VOLUME 22 LES DALTON DANS LE BLIZZARD KARYA MORRIS DAN G. ROSCINNY

Muaya, Kristle Priskila (2014) BENTUK DAN FUNGSI TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA KOMIK LUCKY LUKE VOLUME 22 LES DALTON DANS LE BLIZZARD KARYA MORRIS DAN G. ROSCINNY. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Kristle Priskila Muaya 07204241028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif dan (2) fungsi tindak tutur direktif dalam komik Lucky Luke Volume 22 Les Dalton Dans Le Blizzard Karya Morris dan R. Goscinny. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat dalam komik Lucky Luke Volume 22 Les Dalton Dans Le Blizzard Karya Morris dan R. Goscinny yang mengandung bentuk dan fungsi tindak tutur direktif. Data diperoleh dengan metode simak dan teknik simak bebas libat cakap. Metode agih dan metode padan digunakan untuk menganalisis data. Metode agih digunakan menganalisis bentuk tindak tutur direktif, sedangkan metode padan pragmatis untuk menganalisis fungsi tindak tutur direktif. Uji validitas yang digunakan adalah validitas semantis dan reliabilitas yang digunakan adalah expert-judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam komik Lucky Luke Volume 22 Les Dalton Dans Le Blizzard Karya Morris dan R. Goscinny terdiri tindak tutur direktif langsung literal (52 data), tindak tutur direktif tidak langsung literal (17 data), tindak tutur direktif langsung tidak literal (2 data) dan tindak tutur direktif tidak langsung tidak literal (6 data). Fungsi tindak tutur direktif terdiri dari requestives (19 data), questions (3 data), requirements (42 data), prohibitives(2 data), permissives (4 data) dan advisories (7 data). Berdasarkan data yang diperoleh, bentuk dan fungsi tindak tutur direktif yang dominan digunakan penutur dalam komik Lucky Luke Volume 22 Les Dalton Dans Le Blizzard Karya Morris dan R. Goscinny adalah tindak tutur direktif langsung literal dengan fungsi requirements. Hal tersebut menunjukkan bahwa penutur cenderung mengekspresikan maksudnya dengan cara memerintah secara langsung, agar mitra tutur dapat memahami dengan segera untuk melakukan apa yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, komik, lucky luke
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 06:25
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20056

Actions (login required)

View Item View Item