KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA PEMBELAJARAN COMPRÉHENSION ORALE BAHASA PRANCIS KELAS XI DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Kurniasih, Mentari Listya (2014) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA PEMBELAJARAN COMPRÉHENSION ORALE BAHASA PRANCIS KELAS XI DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Mentari Listya Kurniasih 10204241033.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan dalam hasil pembelajaran Compréhension Orale siswa kelas XI SMAN 10 Yogyakarta antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual tipe Course Review Horay dan yang diajarkan dengan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan pendekatan kontekstual tipe Course Review Horay dalam pembelajaran Compréhension Orale siswa kelas XI SMAN 10 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan bentuk desain Randomized Subjects, Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen, dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 183 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Sampel dipillih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Reliabilitas instrumen diujikan di kelas XI IPA 1 dengan jumlah 28 siswa dan dianalisis dengan menggunakan rumus K-R 21 dengan koefisien 0,662 untuk pretest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Sedangkan data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menghasilkan (1) nilai thitung > ttabel yaitu 2,159 > 2,021pada taraf signifikansi 5% , hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasi belajar keterampilan menyimak bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual tipe Course Review Horay dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) perhitungan gain score, yaitu sebesar 0,44 (keefektifan sedang) yang berarti lebih efektif menggunakan pendekatan kontekstual tipe Course Review Horay dalam pembelajaran menyimak bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta daripada menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, course review horay, comprehension orale, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 03:01
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20034

Actions (login required)

View Item View Item