Penyetaraan Vertikal Tes Matematika SMP dengan Teori Respons Butir Model Rasch

Kurniawan, Devi Dwi (2015) Penyetaraan Vertikal Tes Matematika SMP dengan Teori Respons Butir Model Rasch. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-devi-dwi-kurniawan-13701251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) karakteristik perangkat tes prestasi belajar matematika yang telah disusun berdasarkan teori respons butir model Rasch, 2) penyetaraan vertikal tes prestasi belajar matematika yang telah disusun berdasarkan teori respons butir model Rasch, 3) tingkat kemampuan matematika siswa SMP kelas VII, VIII dan IX di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah respon siswa SMP di Kota Pekalongan. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik stratified proporsional random sampling. Sekolah yang ditetapkan menjadi sampel adalah SMP N 2 Pekalongan, SMP N 5 Pekalongan, SMP N 8 Pekalongan, SMP N 11 Pekalongan, dan SMP N 15 Pekalongan. Ukuran sampel untuk kelas VII sebesar 514 siswa, kelas VIII sebesar 503 siswa, dan siswa kelas IX sebesar 441 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tiga perangkat tes matematika yang berbentuk tes objektif dengan 4 pilihan jawaban dan menggunakan anchor minimal sebesar 20%. Data yang berupa skor diolah dan disetarakan menggunakandesain nonequivalent anchor test dengan metode penyetaraan mean & sigma berdasarkan pendekatan teori respons butir model Rasch dengan bantuan program Winsteps. Hasil penelitian ini adalah: (1) diperoleh tiga perangkat tes matematika memiliki tingkat kesukaran kategori baik dan nilai fungsi informasi maksimum untuk kelas VII sebesar 16,4487 logit pada θ sekitar -0,2; kelas VIII sebesar 15,6386 logit pada θ sekitar -0,4; dan kelas IX sebesar 12,2344 logit pada θ sekitar -0,2; (2) hasil penyetaraan vertikal berdasarkan pendekatan teori respons butir model Rasch menunjukan persamaan konversi untuk kelas VII ke kelas VIII adalah b* = bx + 0,369 serta persamaan konversi untuk kelas IX ke kelas VIII adalah b* = bz + 0,337; (3) kemampuan siswa kelas VIII lebih baik dibandingkan kemampuan siswa kelas VII, dan kemampuan siswa kelas IX lebih baik dibandingkan kemampuan siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penyetaraan vertikal, tes matematika, teori responsbutir model Rasch
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 23 Jun 2022 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item