PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA DENGAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED-AFFECT (KWLA)

Faradika, Hani (2014) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA DENGAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED-AFFECT (KWLA). S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Hani Faradika 09204241004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan membaca Bahasa Prancis antara siswa yang diajar dengan strategi Know-Want to Know-Learned-Affect (KWLA) dan yang diajar dengan metode konvensional, (2) mengetahui efektivitas penggunaan strategi Know-Want to Know-Learned-Affect (KWLA) dalam pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pra eksperimen, tahap eksperimen dan tahap pasca eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta dengan jumlah 183 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dengan expert judgement. Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai thitung > ttabel yaitu 3,884 > 2,0057 dengan db = 53 pada taraf signifikansi 5%, hasil penghitungan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan membaca Bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogyakarta yang diajar dengan strategi KWLA dan yang diajar tanpa strategi KWLA. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (2) strategi KWLA efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Negeri 10 Yogayakarta. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan skor dari pre-test ke post-test. Kelas eksperimen yang diajar dengan strategi KWLA mengalami peningkatan sebesar 6,14 sedangkan kelas kontrol yang diajar tanpa strategi KWLA mengalami peningkatan sebesar 3,11. Selain itu, hasil gain score kelas eksperimen <g> sebesar 0,6 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca, KWLA, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 02:01
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20024

Actions (login required)

View Item View Item