PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS X C SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Farihatun (2014) PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS X C SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Farihatun 10204241020.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran yang variatif dan efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Prancis pada siswa kelas X C SMA Negeri 2 Sleman dengan menggunakan teknik Akrostik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah kelas X C SMA Negeri 2 Sleman yang berjumlah 31, yang terdiri dari 15 siswa putri dan 16 siswa putra. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dengan menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif, seperti observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan hasil tes kosakata. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tindakan pada tanggal 19 November 2013 sampai 28 November 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test atau tes awal kosakata siswa, yaitu 61,13. Dari hasil tes tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan kosakata bahasa Prancis siswa masih rendah. Siswa mulai mengalami peningkatan pada nilai post-test I siklus I, dengan nilai rata-rata siswa yaitu 84,58 dan meningkat sebanyak 23,45. Sementara pada akhir siklus II, siswa mengalami peningkatan 5,52, dengan rata-rata nilai 90,10. Hasil pengamatan per individu terdapat 4 aspek pengamatan: (1) Bertanya, (2) Menjawab Pertanyaan, (3) Siswa aktif maju ke depan kelas, dan (4) Siswa membawa kamus. Dari data persentase aktivitas siswa di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan teknik akrostik dapat meningkatkan keaktifan siswa di dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: akrostik, kosakata, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 05 Jun 2015 01:54
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20022

Actions (login required)

View Item View Item