PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BUSANA WANITA KELAS XI BUSANA 4 DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Agun, Palupining Dyah .R (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BUSANA WANITA KELAS XI BUSANA 4 DI SMK N 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
agun palupining dyah r.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BUSANA WANITA KELAS XI BUSANA 4 DI SMK N 4 YOGYAKARTA Oleh : Agun Palupining Dyah .R NIM 09513242012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk :1 ) Mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran busana wanita di SMK N 4 Yogyakarta; 2) Melihat pedapat siswa tetang pelaksanaan pembelajaran busana wanita di SMK N 4 yogyakarta; 3) mengetahuai gambaran hasil belajar siswa dalam mata pelajaran busana wanita di SMK N 4 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 4 Yogyakarta bidang keahlian tata busana, pengambilan sample dengan teknik proporsive sampling, dan diperoleh sample sebanyak satu kelas yaitu kelas XI busana 4, dengan pertimbangan kelas tersebut mempunyai nilai rata – rata KKM tertinggi yaitu 87,45.uji validitas dilakuka dega menggunkaa judgmet Ekspert, pada ahli materi da ahli pelaksanaan pembelajaran. Reliabiliat dihitung menggunakan rumus produck momet dari perso dega hasil r hitung lebih dari 0,374 yag berarti sudah leliabel. untuk uji coba instrumen menggunakan sample sebanyak 10 siswa kelas XI Busana 2, karena siswa kelas XI busana 2 memiliki nilai rata – rata yang paling mendekati siswa kelas XI busana 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran busana wanita di SMK N 4 Yogyakarta secara keseluruhan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan ( KTSP ).Tujuan pembelajaran busana wanita adalah agar siswa mempunyai bekal dalam bidang tata busana khususnya busana wanita sehingga diharapkan dapat dijadikan bekal dalam berwira usaha dan menerapkan dalam kehidupanya.Materi yag disampaikan adalah macam – macam busana wanita sesuai dengan kesempatan, pola dasar badan sistim praktis, macam – macam busana pesta, memecah pola sesuai desain busana pesta dan membuat busana pesta.. Metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi antara lain metode ceramah, metode demonstrasi, metode letihan, dan pemberian tugas. Media yang digunakan adalah papan tulis, job sheet, frahmen dan benda jadi. Evaluasi dilakukan pada setiap kali pembelajaran dengan mengecek ketepatan ukuran dan bentuk pola dan mengadakan pasen 1 dan pasen 2; 2) menurut pendapat siswa pelaksanaan pembelajaran busana wanita ini sangat mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru dan dalam penyelesaian tugas busana wanita karena guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa yang belum memahami materi yang disampaikan ; 3) Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran busana wanita di SMK N 4 Yogyakarta sangat bagus hal ini dilihat berdasarkan hasil nilai praktik pembuatan busana pesta yang berada di tas rata – rata KKM yaitu 87,45 dan hasil pembuatan busana pesta yang bagus dan enak dipakai. Kata kunci : pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan busana wanita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item