PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK MELALUI STRATEGI INKUIRI

Amelia, Fauziah Husna (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK MELALUI STRATEGI INKUIRI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Amelia Fauziah 09518241034.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI PENGOPERASIAN PLC SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK MELALUI STRATEGI INKUIRI Oleh: Amelia Fauziah Husna NIM. 09518241034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran pengoperasian PLC dengan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran distributing station dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran pengoperasian PLC dengan strategi konvensional. (2) apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran pengoperasian PLC dengan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran distributing station dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran pengoperasian PLC dengan strategi konvensional, serta (3) apakah ada perbedaan afeksi siswa yang mengikuti pembelajaran pengoperasian PLC dengan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran distributing station dengan strategi konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dengan desain penelitian kuasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Program Keahlian Otomasi Industri di SMKN 2 Depok berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel hasil belajar siswa menggunakan tes, sedangkan untuk variabel afeksi siswa menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran pengoperasian PLC dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran distributing station mengalami kenaikan sebesar 16,29 dari nilai 77,78 menjadi 94,07 serta yang menggunakan strategi konvensional mengalami kenaikan sebesar 10,74 dari nilai 78,52 menjadi 89,26. (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti proses pembelajaran pengoperasian PLC menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran distributing station dengan strategi konvensional, (3) terdapat perbedaan afeksi yang signifikan antara siswa yang mengikuti proses pembelajaran pengoperasian PLC menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran distributing station dengan menggunakan strategi konvensional. Kata kunci: Afeksi Siswa, Distributing Station, Hasil Belajar, Pengoperasian PLC, Strategi Inkuiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 May 2015 07:05
Last Modified: 29 Jan 2019 23:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item View Item