UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI SISWA KELAS VII A SMPN 2 KALASAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG

Sudewo, Th. Joko (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI SISWA KELAS VII A SMPN 2 KALASAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Th. Joko Sudewo 08208247013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kalasan Kabupaten Sleman. 2) untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan dalam proses keterampilan bernyanyi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kalasan Kabupaten Sleman melalui metode pembelajaran langsung. Metode pembelajaran langsung yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data pada penelitian diambil selain dari tes kemampuan siswa, juga diambil dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran praktik bernyanyi dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan bernyanyi siswa. Hal ini dapat terlihat dari perilaku siswa di dalam kelas yaitu siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung, siswa aktif dalam melakukan eksplorasi pembelajaran, dan hasil pembelajaran yang sudah diperoleh siswa meningkat pada siklus 2. Tes dilakukan secara praktik berdasarkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu daerah Jawa Tengah.Selain itu, prosentase peningkatan juga dapat dilihat melalui hasil tes pada siklus 1 sebesar 38,89 %, kemudian menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan siklus 2 yaitu sebesar 83,33 %

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bernyanyi, pembelajaran langsung
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 04:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19710

Actions (login required)

View Item View Item