FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKLULUSAN MATA KULIAH PRAKTIK INSTRUMEN MAYOR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Alim, Muhammad Adi (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKLULUSAN MATA KULIAH PRAKTIK INSTRUMEN MAYOR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Adi Alim 08208241013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaran faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi ketidaklulusan mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta terhadap mata kuliah Praktik Instrumen Mayor. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya mahasiswa yang tidak lulus atau mengulang mata kuliah Mayor periode 2006-2010. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dekskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY yang pernah mengalami penundaan atau ketidaklulusan pada mata kuliah Praktik Instrumen Mayor. Responden terdiri dari Mahasiswa yang menempuh mata kuliah Mayor periode 2006 sampai 2010 sedangkan objek penelitian adalah faktor – faktor yang mempengaruhi ketidaklulusan mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY pada mata kuliah Praktik Instrumen Mayor. Data diperoleh dengan menggunakan angket kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi ketidaklulusan mahasiswa terdiri dari dua jenis faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari : (1) ketidaksesuaian mayor yang dipilih, (2) kurangnya kesadaran pemanasan sebelum berlatih, (3) sedikitnya waktu untuk berlatih, (4) kurang serius dengan mayor yang dipilih, (5) tidak fokus dalam berlatih, (6) tidak ada motivasi untuk menyelesaikan mayor tepat waktu, (7) ketidakharmonisan hubungan dengan dosen mayor, (8) tidak ada motivasi dari teman sekelas. Faktor eksternal terdiri dari : (1) tidak memiliki instrument mayor sendiri, (2) tidak memiliki keterampilan lebih dari teman sekelas, (3) tidak ada kemauan untuk mendengar arahan dari dosen, (4) tidak ada arahan yang diberikan oleh dosen mayor, (5) ketidaksesuaian dosen mayor yang dipilih, (6) tidak diterapkannya contoh dari dosen mayor (7) tidak ada keinginan bertanya kepada dosen mayor, (8) tidak berpengaruhnya motivasi dan arahan dari dosen, (9) tidak berdampaknya motivasi dan dorongan moral dari dosen mayor, (10) ketidakkondusifan suasana dalam kelas, (11) tidak adanya pemberian motivasi teman ketika mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal dan faktor eksternal
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 03:52
Last Modified: 29 May 2015 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19706

Actions (login required)

View Item View Item