Sofiyana, Intan Prawisda (2013) PENGARUH PPL TERHADAP MINAT MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN SENI MUSIK UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Intan Prawisda Sofiyana 07208244025.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh PPL terhadap minat menjadi guru.pada mahasiswa peserta PPL tahun 2012 Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) pada dasarnya ditujukan pada pembentukan sikap, kepribadian, moral dan karakter maupun etika profesi pendidik dan tenaga kependidikan serta berpotensi mempengaruhi minat untuk menjadi guru pada diri mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta PPL tahun 2012 Pendidikan Seni Musik UNY yang berjumlah 120.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen. yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, dan pengujian hipotesisnya menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif kegiatan PPL(X) terhadap minat menjadi guru (Y) pada mahasiswa Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi yang bernilai positif yaitu 0,84, dan harga koefisien determinasi ( R2 ) X terhadap Y sebesar 0,694. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kegiatan PPL memiliki kontribusi minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidkan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2012 sebesar 69.4 % sedangkan 31.6 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, minat menjadi guru |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 29 May 2015 03:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19702 |
Actions (login required)
View Item |