PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER ALAT MUSIK KOLINTANG DI SD FRANSISKUS III KAMPUNG AMBON JAKARTA TIMUR

Aji, F. Agung Sakti (2013) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER ALAT MUSIK KOLINTANG DI SD FRANSISKUS III KAMPUNG AMBON JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
F. Agung Sakti Aji 06208244003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang di SD Fransiskus III serta metode apa yang digunakan oleh guru pembimbing di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang, sehingga selama ini bisa berjalan dengan baik di sekolah SD Fransiskus III. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler alat musik kolintang di SD Fransiskus III. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang di SD Fransiskus III. Data-data penulisan karya tulis tugas akhir skripsi ini diperoleh dari hasil observasi kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang di SD Fransiskus III, wawancara dengan guru pembimbing ekstrakurikuler kolintang di SD Fransiskus III, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data, triangulasi pengamat, triangulasi teori, dan triangulasi metode. contoh dalam peneitian adalah dengan cara menggunakan berbagai sumber data seperti dokumen, arsip, hasil wawancara, hasil observasi atau juga dengan mewawancarai lebih dari satu subjek yang dianggap memiliki sudut pandang yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang di awal pembelajaran siswa-siswi melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan cara bermain tangga nada do =C untuk alat musik kolintang jenis melodi dan bermain progresi akord I-IV-V untuk alat musik kolintang jenis pengiring (alto,tenor,bass), (2) setelah melakukan pemanasan para siswa-siswi peserta kegiatan ekstrakurikuler alat musik kolintang memainkan lagu dengan judul “jingle fransiskus” dengan tangga nada do=C dan progresi akord IIV- V, (3) guru pembimbing melakukan evaluasi pada akhir kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang. Tak lupa pada akhir pembelajaran guru pembimbing selalu memberi motivasi para siswa-siswi untuk meningkatkan semangat dalam berlatih alat musik kolintang. (4) di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler alat musik kolintang, terdapat empat metode yang digunakan oleh guru pembimbing. Metode itu adalah menggunakan gabungan atau kombinasi antara metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan dan metode tutoring dengan guru pembimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: alat musik, kolintang, ekstrakurikuler, siswa sekolah dasar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item View Item