BENTUK PENYAJIAN DAN FUNGSI KESENIAN JONGGAN DALAM MASYARAKAT SUKU DAYAK KANAYATN DI KALIMANTAN BARAT TAHUN AJARAN 2013/2014

Mariani, Enggar (2013) BENTUK PENYAJIAN DAN FUNGSI KESENIAN JONGGAN DALAM MASYARAKAT SUKU DAYAK KANAYATN DI KALIMANTAN BARAT TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Enggar Mariani 08208249003.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Bentuk Penyajian dan Fungsi Kesenian Jonggan dalam Masyarakat Suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat yang sampai saat ini masih mempertunjukan Kesenian Jonggan pada acara adat yang diselenggarakan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan berupa handphone untuk merekam suara dan kamera digital untuk merekam gambar dan video. Data yang sudah diperoleh diuji keabsahan serta penafsiran data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Triangulasi Data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa bentuk penyajian Kesenian Jonggan dalam Upacara Adat Naik Dango dan Perkawinan adalah seperti Ansambel dengan menggunakan empat jenis alat musik yaitu (1) soleng (suling), (2) Dau, (3) Ketubong (4) Gong (Agunk) dan penarinya berjumlah empat sampai enam orang penari. Ada pun fungsi dari Kesenian Jonggan tersebut sebagai berikut: (1) Jonggan sebagai sarana upacara adat (2) sebagai Hiburan,(3 sebagai ajang mencari Jodoh, (4) sebagai kenikmatan Estetis, (5) sebagai penggambaran Simbolik, (6) dan memiliki fungsi pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Penyajian dan Fungsi Kesenian Jonggan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19696

Actions (login required)

View Item View Item