BENTUK ARANSEMEN DAN FUNGSI MUSIK KELOMPOK NORTH SUMATERA BRASS DALAM TATA IBADAH GEREJA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP)

Simanjorang, Bernard Oliver Andreas (2013) BENTUK ARANSEMEN DAN FUNGSI MUSIK KELOMPOK NORTH SUMATERA BRASS DALAM TATA IBADAH GEREJA HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bernard Oliver Andreas S 07208244040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk aransemen dan fungsi musik yang dibawakan oleh kelompok North Sumatera Brass dalam tata ibadah di gereja HKBP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat etnografis. Yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan berupa kamera digital untuk merekam suara sekaligus untuk merekam gambar. Untuk pemeriksaan kebenaran dan keabsahan data dilakukan prosedur validitas data yang menggunakan triangulasi yang berfungsi untuk mencocokan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh suatu kesimpulan sebagai berikut: Aransemen yang dibawakan oleh kelompok North Sumatera Brass dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu; (1) dilihat dari bentuk lagunya terdiri dari bentuk lagu satu bagian dan bentuk lagu dua bagian, (2) dilihat dari tekstur musiknya dibedakan menjadi homophony dan poliphony, (3) dilihat dari struktur aransemennya dikembangkan menjadi introduksi, lagu, interlude, chours, vamp, dan endhing. Dari hasil wawancara, dokumentasi, observasi yang dilakukan terhadap informan tentang Fungsi Musik Kelompok North Sumatera Brass dalam mengiringi tata ibadah musik yang dibawakan oleh kelompok North Sumatera Brass tersebut menambah kehikmatan bernyanyi untuk memuji Tuhan dalam ibadah di Gereja HKBP Kota Baru Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aransemen, north sumatera brass
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 May 2015 03:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19695

Actions (login required)

View Item View Item